AKADEMI AKUNTANSI PGRI JEMBER

PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN PENGANTAR BISNIS TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT WIRAUSAHA (S

Dikirim oleh: SUWARSO, SE,MM, 18-Jan-19 10:41:49, Dibaca: 110x
 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  langsung dan tidak langsung Mata Kuliah Kewirausahaan dan Pengantar Bisnis terhadap Motivasi dan Minat Wirausaha. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan metode sampel proportional random sampling. Sampel yang dambil yaitu seluruh mahasiswa Akademi Akuntansi PGRI Jember yang telah mengikuti mata kuliah Kewirausahaan dan Pengantar Bisnis. Jenis data yang dipakai yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan data primer, data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, studi pustaka, sedangkan analisi data menggunakan  Analisis jalur (path analysis).Hasil penelitian menunjukan bahwa Mata Kuliah Kewirausahaan , Pengantar Bisnis, dan Motivasi  memiliki pengaruh positif dan signifikan  yang tinggi terhadap Minat Wirausaha mahasiswa. semua Nilai Koefisien jalur lebih besar dari probabilitas signifikansi yang ditentukan yaitu diatas signifikansi 0,000.  Hal ini membuktikan bahwa mata kuliah kewirausahaan dan pengantar bisnis sangatlah dibutuhkan pada perguruan tinggi guna merangsang mahasiswa dalam berpikir kreatif dan inovatif dalam melihat peluang usaha sehingga termotivasi  menciptakan sebuah usaha dan berminat menjadi seorang wirausaha.

Kata kunci : Kewirausahaan, Bisnis, Motivasi dan Minat

ABSTRACT

               This study aims to determine the direct and indirect effects of Entrepreneurship Courses and Introduction to Business on Motivation and Entrepreneurial Interest. This research is an explanatory research with proportional random sampling method. Samples taken are all students of the Akademi Akuntansi PGRI Jember who have taken Entrepreneurship and Business Introduction courses. The types of data used are qualitative data and quantitative data. Source of data used primary data, secondary data. Data collection methods use questionnaires, interviews, literature studies, while data analysis uses path analysis. The results of the study show that Entrepreneurship Courses, Introduction to Business, and Motivation have a high positive and significant influence on students' Entrepreneurial Interest. all Value of the path coefficient is greater than the significance probability that is determined above the significance of 0,000. This proves that entrepreneurship courses and business introductions are needed in universities to stimulate students to think creatively and innovatively in seeing business opportunities so that they are motivated to create a business and are interested in becoming an entrepreneur. Keywords:  Entrepreneurship, Business, Motivation and Interest

http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1755

20 June 2019
Menu
Login
Halaman Depan
Area Download
Pendaftaran Mahasiswa Baru

Tidak ada angket